Minggu, 03 Oktober 2021

 

Combinatorial problems

Nama     : Ariyadi dwi saputra

 Kelas      : IF20C

NPM        : 20312084


Pengertian

Combinatorial merupakan suatu proses menemukan sejumlah alternatif penyelesaian suatu masalah diskrit (Syahputra, 2015:3). Berpikir kombinatorial merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan seluruh alternatif yang mungkin pada suatu situasi tertentu. Anak saat memecahkan suatu 8 masalah akan menggunakan seluruh kombinasi atau faktor yang ada kaitannya dengan masalah tertentu.

 

Combinatorial problems (biasanya berdasarkan fungsi evaluasi heuristik ). Proses ini diulang sampaipuas. Untuk menghindari stagnasi dalam proses pencarian, hampir semua algoritma pencarian lokal menggunakan beberapa bentuk pengacakan, biasanya dalam menghasilkan posisi awal dan dalam banyak kasus juga dalam langkah pencarian. Ini mengarah pada konsep algoritma pencarian lokal stokastik (SLS).

 

 

 

Permasalahan Combinatorial problems

Permasalahan Combinatorial problems σ 1 , , σ P S ( n ) dari jenis siklus yang diberikan μ ( 1 ) , , μ ( P ) seperti yang

[6] σ 1 σ P = 1 .
 
Penyelesaian Combinatorial problems

Sebuah interpretasi geometris dari masalah ini adalah untuk menghitung sampul bola S 2 = C P 1 bercabang di atas p poin yang diberikan dengan monodromy μ ( 1 ) , , μ ( P ) . Teori karakter dasar dari S ( n ) memberi ( Jones 1998 )

[7] # { σ Saya C μ ( Saya ) , Π σ Saya = 1 } = kan Π F μ ( Saya ) kan Planch

di mana C μ μ danadalah kelas konjugsi dengan tipe siklus

F μ ( λ ) = | C μ | χ μ λ redup λ
 
Kelebihan
kombinatorik dapat digunakan melatih siswa untuk membilang, membuat perkiraan, menggeneralisasi, dan berpikir sistematis. Kombinatorik dapat diterapkan dalam 9 banyak bidang lainnya seperti programming, fisika, dan teknik serta bidang ilmu lainnya. Kombinatorik dapat menuntun siswa memahami kekuatan dan keterbatasan matematika. Selain itu kombinatorik memainkan peranan penting dalam ilmi-ilmu hitung.
 
Kekurangan
 Kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan kombinatorik disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap masalah yang diberikan. Students also had a difficulty when they were given the problems in the form of a real context related to permutation and combination  Sebagian guru kurang mengasah siswa dalam hal pemecahan masalah kombinatorik, guru cenderung mengikuti proses yang terdapat di dalam buku teks matematika siswa yang umumnya langsung menyajikan rumus permutasi dan kombinasi beserta contohnya.  dalam jurnalnya juga mengungkapkan analisis kesulitan siswa terhadap permasalahan kombinatorik: “....bahwa kebanyakan siswa mengalami kesulitan persoalan kombinatorik yang diberikan. Kesulitan memahami masalah berdampak pada kesulitan siswa merancang model matematika dari masalah itu. Kesulitan ini berlanjut terus sampai pada kesalahan mereka menentukan formula menyelesaikan masalah dan tentunya juga kesalahan pada jawaban persoalan yang diberikan.”
 

Selasa, 30 Maret 2021

 

Pengenalan Sinkronisasi Proses

Atas dasar sinkronisasi, proses dikategorikan sebagai salah satu dari dua jenis berikut:

  • Proses Independen : Eksekusi satu proses tidak memengaruhi eksekusi proses lainnya.
  • Proses Kerjasama : Eksekusi satu proses mempengaruhi pelaksanaan proses lainnya.

Masalah sinkronisasi proses muncul dalam kasus proses Koperasi juga karena sumber daya digunakan bersama dalam proses Koperasi.
 
Kondisi Balapan
Ketika lebih dari satu proses mengeksekusi kode yang sama atau mengakses memori yang sama atau variabel yang dibagi dalam kondisi itu ada kemungkinan bahwa output atau nilai variabel bersama salah sehingga semua proses melakukan perlombaan untuk mengatakan bahwa keluaran saya benar kondisi ini dikenal sebagai kondisi balapan. Beberapa proses mengakses dan memproses manipulasi atas data yang sama secara bersamaan, kemudian hasilnya bergantung pada urutan tertentu di mana akses tersebut terjadi.
Kondisi balapan adalah situasi yang mungkin terjadi di dalam bagian kritis. Hal ini terjadi jika hasil eksekusi beberapa utas di bagian kritis berbeda sesuai dengan urutan eksekusi utas.

Kondisi balapan di bagian kritis dapat dihindari jika bagian kritis diperlakukan sebagai instruksi atom. Selain itu, sinkronisasi utas yang tepat menggunakan kunci atau variabel atom dapat mencegah kondisi balapan.
 
Masalah Bagian Kritis

Bagian kritis adalah segmen kode yang dapat diakses hanya dengan satu proses dalam satu waktu. Bagian kritis berisi variabel bersama yang perlu disinkronkan untuk menjaga konsistensi variabel data.
masalah bagian kritis

Di bagian entri, proses meminta entri di Bagian Kritis.





Setiap solusi untuk masalah bagian kritis harus memenuhi tiga persyaratan:

  • Saling Pengecualian : Jika suatu proses sedang dijalankan di bagian kritisnya, maka tidak ada proses lain yang diizinkan untuk dijalankan di bagian kritis.
  • Kemajuan : Jika tidak ada proses yang dijalankan di bagian kritis dan proses lain menunggu di luar bagian kritis, maka hanya proses yang tidak dijalankan di bagian sisanya yang dapat berpartisipasi dalam memutuskan mana yang akan masuk ke bagian kritis berikutnya, dan pemilihan dapat tidak ditunda tanpa batas waktu.
  • Bounded Waiting : Harus ada batasan berapa kali proses lain diizinkan untuk memasuki bagian kritisnya setelah proses membuat permintaan untuk masuk ke bagian kritisnya dan sebelum permintaan tersebut dikabulkan.

 
Solusi
Peterson Solusi Peterson adalah solusi berbasis perangkat lunak klasik untuk masalah bagian kritis.

Dalam solusi Peterson, kami memiliki dua variabel bersama:

  • boolean flag [i]: Diinisialisasi menjadi FALSE, awalnya tidak ada yang tertarik masuk ke bagian kritis
  • int turn: Proses yang gilirannya memasuki bagian kritis.

peterson
 
Solusi Peterson mempertahankan ketiga kondisi:

  • Saling Pengecualian dijamin karena hanya satu proses yang dapat mengakses bagian penting kapan saja.
  • Kemajuan juga terjamin, karena proses di luar bagian kritis tidak menghalangi proses lain untuk memasuki bagian kritis.
  • Bounded Waiting dipertahankan karena setiap proses mendapat peluang yang adil.

     
    Kerugian dari Solusi Peterson

    • Ini melibatkan penantian yang sibuk
    • Dibatasi pada 2 proses.

     

    TestAndSet
    TestAndSet adalah solusi perangkat keras untuk masalah sinkronisasi. Di TestAndSet, kami memiliki variabel kunci bersama yang dapat mengambil salah satu dari dua nilai, 0 atau 1.

    0 Buka kunci
    1 Kunci
    

    Sebelum masuk ke bagian kritis, sebuah proses menanyakan tentang kunci. Jika terkunci, ia terus menunggu hingga menjadi gratis dan jika tidak terkunci, ia mengambil kunci dan menjalankan bagian kritis.



    Di TestAndSet, Saling pengecualian dan kemajuan dipertahankan tetapi menunggu terbatas tidak dapat dipertahankan.
     
    Pertanyaan: Fungsi enter_CS () dan leave_CS () untuk mengimplementasikan bagian kritis dari suatu proses direalisasikan menggunakan instruksi test-and-set sebagai berikut:

    int TestAndSet (int & kunci) {
        int inisial = kunci;
        kunci = 1;
        kembali awal;
    }
    
    batal enter_CS (X)
    {
      saat test-and-set (X);
    }
    
    batal cuti_CS (X)
    {
      X = 0;
    }
    

    Dalam solusi di atas, X adalah lokasi memori yang terkait dengan CS dan diinisialisasi ke 0. Sekarang, pertimbangkan pernyataan berikut:
    I. Solusi di atas untuk masalah CS adalah bebas-jalan buntu
    II. Solusinya adalah bebas kelaparan.
    AKU AKU AKU. Proses masuk CS dalam urutan FIFO.
    IV. Lebih dari satu proses dapat masuk CS secara bersamaan.
     
    Manakah dari pernyataan di atas yang BENAR?
    (A) I
    (B) II dan III
    (C) II dan IV
    (D) IV

    Klik di sini untuk Solusinya . Semaphores
     sejati

    Semafor adalah mekanisme pensinyalan dan utas yang menunggu di semafor dapat ditandai oleh utas lain. Ini berbeda dari mutex karena mutex hanya dapat ditandai oleh utas yang memanggil fungsi tunggu.

    Semaphore menggunakan dua operasi atom, tunggu dan sinyal untuk sinkronisasi proses.
    Semaphore adalah variabel integer, yang hanya dapat diakses melalui dua operasi wait () dan signal () .
    Ada dua jenis semaphore: Binary Semaphore dan Counting Semaphore

    • Semaphore Biner: Mereka hanya bisa 0 atau 1. Mereka juga dikenal sebagai kunci mutex, karena kunci dapat memberikan pengecualian timbal balik. Semua proses dapat berbagi semaphore mutex yang sama yang diinisialisasi ke 1. Kemudian, proses harus menunggu hingga kunci menjadi 0. Kemudian, proses dapat membuat mutex semaphore 1 dan memulai bagian kritisnya. Ketika menyelesaikan bagian kritisnya, itu dapat mengatur ulang nilai mutex semaphore menjadi 0 dan beberapa proses lain dapat memasuki bagian kritisnya.
    • Menghitung Semaphores: Mereka dapat memiliki nilai apa pun dan tidak dibatasi pada domain tertentu. Mereka dapat digunakan untuk mengontrol akses ke sumber daya yang memiliki batasan pada jumlah akses simultan. Semaphore dapat diinisialisasi ke jumlah instance sumber daya. Kapan pun sebuah proses ingin menggunakan sumber daya itu, ia memeriksa apakah jumlah instance yang tersisa lebih dari nol, yaitu, proses tersebut memiliki instance yang tersedia. Kemudian, proses dapat memasuki bagia

Kamis, 07 Januari 2021

Perbedaan Threads dan Processes



Apa itu Threads

Thread

    Adalah Unit dasar dari penggunaan CPU, Thread mengandung Thread ID, program counter, register set, dan stack. Sebuah thread berbagi code section, data section, dan sumber daya sistem operasi dengan thread lain yang dimiliki oleh proses yang sama. Thread juga sering disebut lightweight process. Sebuah proses tradisional atau heavyweight process mempunyai thread tunggal yang berfungsi sebagai pengendali. Perbedaan antara proses dan thread tunggal dengan proses dan thread banyak adalah proses dengan thread yang banyak dapat mengerjakan lebih dari satu tugas pada satuan waktu.

Keuntungan penggunaan Thread

  • Tanggap
  • Pemberdayaan Resource
  • Ekonomis
  • Pemberdayaan Arsitektur Multiprocessor

Bentuk Threads

  • Single Thread 
    Processor hanya mengeksekusi satu thread saja pada satu waktu.
  • Multi Thread
    Processor hanya mengeksekusi sejumlah thread dalam satu waktu.

Apa itu Processes

Processes
    Adalah sebuah peristiwa adanya sebuah program yang dapat dieksekusi. Sebagai sebuah eksekusi proses, maka hal tersebut membutuhkan perubahan keadaan. Keadaan dari sebuah proses dapat didefinisikan oleh aktivitas proses tersebut. Suatu proses adalah lebih dari kode program, dimana kadang kala dikenal sebagai bagian tulisan. Proses juga termasuk aktivitas yang sedang terjadi, sebagaimana digambarkan oleh nilai pada program counter dan isi dari daftar prosesor register. Suatu proses umunya juga termasuk process stack, yang berisikan data temporer (parameter metoda, address yang kembali, dan variabel lokal) dan sebuah data section, yang berisikan variabel global.
Setiap proses mungkin menjadi satu dari beberapa state berikut, yaitu : 
  • New : Proses baru diciptakan
  • Ready : Proses menunggu untuk dilayani processor
  • Running : Proses sedang dijalankan
  • Waiting : Proses sedang menunggu suatu kondisi tertentu untuk bisa berjalan
  • terminated : Proses telah menyelesaikan eksekusi
Setiap proses direpresentasikan ada sistem operasi berdasarkan proses-control-block (PCB) nya.

Proses memiliki 2 karakteristik, tetapi dilakukan secara independen oleh sistem operasi : 
  • Resource Ownership (kepemilikan sumber daya)
    yaitu proses yang mempunyai ruang alamat virtual untuk menangani image proses yang didefinisikan dalam PCB.
  • Scheduling-execution (penjadwalan-eksekusi)
    Mengikuti suatu path eksekusi (trace), ada pergantian dari suatu proses ke lainnya unit dari kepemilikan sumber daya diacu sebagai proses atau task suatu thread yang salah dapat mengganggu thread lainnya didalam proses yang sama, karena thread dipakai di berbagai ruang memori virtual dan sumber daya lain yang sama.

Perbedaan Antara Threads dan Processes

  1. Membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk mengakhiri Thread daripada Process.
  2. Pembentukan Thread membutuhkan waktu yang lebih sedikit daripada Process.
  3. Lebih mudah dan cepat untuk melakukan switch antar Thread daripada Process.
  4. Thread menggunakan secara bersama ruang alamat dari proses yang penciptaanya. Proses memiliki ruang alamat sendiri-sendiri.
  5. Thread dapat saling komunikasi dengan Thread lain dalam satu Process. Namun antar Process harus menggunakan komunikasi antar Proses.
  6. Thread memiliki akses langsung ke segmen data dari prosesnya. Masing-masing Proses memiliki salinan segmen data dari parent Process nya.
  7. Thread hampir tidak memiliki overhead. Proses memiliki overhead.
  8. Thread dapat memiliki pengaruh kontrol yang besar terhadap Thread lain dalam satu proses. Proses hanya dapat mengedalikan proses anakannya.
  9. Perubahan pada Thread utama seperti pembatalan atau perubahan suatu prioritas dapat mempengaruhi tingkah laku Thread lain dalam satu proses. Perubahan pada parent Proses tidak mempengaruhi proses anakanyna.

Kesimpulan

Proses dan Thread merupakan 2 bagian yang saling berhubungan dan berkaitan. Suatu program yang sedang dieksekusi merupakan pengertian dari suatu proses. Proses membutuhkan sumber daya. Sistem operasi mengeksekusi proses dengan dua cara yaitu batch system yang mengeksekusi jobs dan time-shared system yang mengatur pengeksekusian program pengguna (user) atau tasks. Proses berisikan stack yang menyimpan alamat register dan juga alamat dari sebuah instruksi yang berisikan data-data yang dibutuhkan untuk instruksi selanjutnya. Program Counter, register set serta tacdk merupakan bagian dari thread. Thread berbagi code section, data section dan juga sumber daya sistem operasi dengan thread lain yang dalam proses yang sama. Kelebihan Thread antara lain responsif, berbagi sumberdaya, ekonomis, serta utilitas arsitektur mikroprosessor.


Rabu, 06 Januari 2021

 

SISD

SISD adalah singkatan dari 'Instruksi Tunggal dan Aliran Data Tunggal' . Ini mewakili organisasi dari satu komputer yang berisi unit kontrol, unit prosesor, dan unit memori.

Instruksi dijalankan secara berurutan, dan sistem mungkin atau mungkin tidak memiliki kemampuan pemrosesan paralel internal.

Kebanyakan komputer konvensional memiliki arsitektur SISD seperti komputer Von-Neumann tradisional.

Single Instruction Single Data menjadi model komputer yang dibuat oleh Von Neumann dimana ciri khasnya prosesor yang digunakan lebih dari satu buah. Konsepnya adalah setiap menjalankan skema aritmetika maupun logika hanya bisa dilakukan satu kali perhitungan saja. Ketika terjadi instruksi maka mesin komputer hanya bisa membaca data hanya sebanyak satu kali saja. Contoh dari komputer dari SISD adalah komputer mini dan juga PC.

Pemrosesan paralel, dalam hal ini, dapat dicapai dengan menggunakan beberapa unit fungsional atau dengan pemrosesan jalur pipa.

SISD
  1. Dimana,  CU  =   Unit Kontrol PE  =   Elemen Pemrosesan M  =  Memori  

Instruksi diterjemahkan oleh Control Unit dan kemudian Control Unit mengirimkan instruksi ke unit pemrosesan untuk dieksekusi.

Aliran Data mengalir antara prosesor dan memori secara dua arah.

Contoh:

Komputer, minikomputer, dan workstation generasi lama

Sabtu, 26 Desember 2020

 

Apa itu ROM?

asep 

Pengertian ROM atau Read Only Memory adalah akronim untuk Memori Hanya Baca yang merupakan perangkat atau proses yang terdapat dalam CPU komputer atau perangkat keras pada komputer dalam bentuk chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca.

Data yang di

simpan dalam memori ini tidak mudah menguap atau hilang listrik dimatikan. ROM berbeda dari RAM, meskipun mereka memiliki hal yang sama yang dapat diakses secara acak atau acak.

ROM dalam komputer memiliki sifat permanen, yang berarti program atau data yang disimpan dalam ROM tidak mudah hilang atau diubah bahkan jika daya padam tiba-tiba atau telah dimatikan.

ROM di komputer berguna untuk menyimpan pengaturan BIOS (Basic Input Outpu System). ROM adalah salah satu memori internal di komputer. Jenis memori itu data hanya dapat dibaca dan tidak dapat ditulis berulang kali.

Memori ini biasa disebut BIOS, dan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer dimulai dihidupkan.

ROM sebagian besar ditemukan dalam bentuk IC. IC ROM memiliki kode tertulis 27xxx, angka 27 menunjukkan kode untuk ROM dan xxx menunjukkan Kapasitas ROM dalam kilo byte.

Sejarah ROM

Read-only Memory (ROM) adalah istilah bahasa Inggris untuk media penyimpanan data di komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah satu memori yang ada di komputer.

ROM ini bersifat permanen, artinya program / data yang disimpan dalam ROM ini tidak mudah hilang atau diubah meskipun listrik menyala.

Penyimpanan data pada ROM tidak bisa dikerjakan dengan mudah, tetapi pembacaan data dari ROM bisa dilakukan secara mudah. Umumnya data / program yang ada di ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya.

Karena properti ini, ROM digunakan untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang terkait erat dengan perangkat keras).

Contoh dari salah satu ROM merupakan ROM BIOS yang berisikan program sistem komputer dasar yang menyiapkan atau mengatur semua komputer / peralatan yang ada di komputer saat komputer dihidupkan.

ROM modern ditemukan dalam bentuk IC persis seperti media penyimpanan / memori lain seperti RAM. Untuk membedakan itu perlu untuk membaca teks dicetak pada IC.

Biasanya dimulai dengan angka 27xxx, angka 27 menunjukkan tipe ROM, xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit (bukan kilo byte).

PROM (Programmable Read Only Memory) adalah chip memori yang hanya dapat diisi dengan data satu kali. Setelah program dimasukkan ke dalam PROM, maka program akan berada di PROM berikutnya.

Berbeda halnya dengan RAM, data PROM akan tetap ada meskipun komputer dimatikan.

Perbedaan mendasar antara PROM dan ROM (Read Only Memory) adalah bahwa PROM diproduksi sebagai memori kosong, sedangkan ROM diprogram saat diproduksi.

Untuk menulis data pada chip PROM, Anda perlu ‘Programmer PROM‘ atau ‘PROM Burner’.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah jenis PROM khusus yang dapat dihilangkan dengan bantuan sinar ultra violet. Setelah dihapus, EPROM dapat diprogram lagi.

EEPROM hampir sama dengan EPROM, hanya untuk menghapus data butuh arus listrik. EEPROM adalah kependekan dari Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory.

EEPROM adalah tipe khusus PROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) yang dapat dihapus menggunakan perintah listrik. Seperti jenis PROM lainnya.

EEPROM dapat menyimpan konten datanya, bahkan ketika ada listrik matikan. EEPROM sangat mirip dengan memori flash yang juga disebut flash EEPROM.

Perbedaan mendasar antara memori flash dan EEPROM adalah menulis dan menghapus EEPROM dilakukan pada data dengan satu byte, sedangkan dalam memori flash penghapusan dan penulisan data ini dilakukan pada data dengan satu blok.

Fungsi ROM

Fungsi ROM

Secara umum, ROM berfungsi untuk menyimpan firmware, dan komputer untuk menyimpan BIOS.

Di BIOS ROM dapat langsung mengeksekusi dengan tepat, tanpa menunggu nyalakan perangkat media penyimpanan lain terlebih dahulu, berbeda dengan media penyimpanan lainnya.

Meskipun memori ROM hanya bisa dibaca, tetapi data ada di memori dapat ditulis ulang.

Jenis ROM

Jenis ROM

ROM memiliki beberapa tipe atau tipe, yaitu sebagai berikut:

  • Mask ROM
    Mask ROM adalah jenis ROM yang tidak dapat ditulis ulang atau non-flashable sehingga ROM jenis ini tidak dapat ditingkatkan.
  • PROM (Programmable Read Only Memory)
    Adalah chip memori yang dapat diisi dengan data sekaligus. Jika suatu program termasuk dalam alat PROM, program akan tetap berada di PROM selamanya.

PROM dijual kosong sehingga dapat diisi dengan program oleh pengguna atau pengguna. Setelah program diisi, konten PROM tidak dapat dihapus

  • EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
    EPROM adalah jenis ROM yang dapat diprogram ulang dan dihapus. EPROM dibagi menjadi 2 berdasarkan konten.
    -UV EPROM (Ultraviolet EPROM) yang membutuhkan sinar ultraviolet untuk menghapus datanya.
    -EEPROM (Electrical EPROM) yang menggunakan listrik untuk menghapus atau memprogram ulang kontennya
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
    Adalah jenis khusus PROM (Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan perintah listrik. Salah satu EEPROM adalah Memori Flash. Memori flash biasanya digunakan pada kamera digital, konsol gim video, chip BIOS.

Bagaimana Cara Kerja ROM

Cara kerjanya ROM adalah Input Devices dalam bentuk data yang diteruskan oleh Rom ke informasi yang akan ditampilkan melalui perangkat output. Perangkat Input> Data> ROM> Informasi> Perangkat Output.

Penutup

Demikianlah Pelajaran tentang Pengertian ROM: Sejarah, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya, yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Terima kasih telah belajar dengan kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya

 

sumber dari 

ruang guru

 

Senin, 07 Desember 2020

 

Perkembangan Headphone

“Alat Pendengar Telinga”

Teknologi yang berkembang pesat di dunia membuat adanya berbagai jenis alat bantu manusia. Manusia saling membutuhkan satu sama lain, dari ketergantungan tersebut dibuatlah kemudahan-kemudahan agar hubungan manusia lebih mudah dan efisien. Salah satunya pembuatan komputer, telepon, dan lain-lain.

Dari adanya ide-ide untuk menciptakan suatu benda yang berguna, manusia berekperimen di bidang apa saja. Salah satunya pada bidang komunikasi, setelah adanya radio pada abad ke-19 hasil dari perkembangan teknologi selanjutnya adalah Headphone. Headphone merupakan alat mendengar dengan satu pasang speaker. Headphone memiliki kabel yang dapat menyalurkan sinyal atau penerima sinyal (wireless receiver) jika headphone dibuat tidak memiliki kabel. Jenis lainnya adalah earphone atau earbuds, benda tersebut memiliki desain yang lebih kecil dan dapat dimasukkan kedalam lubang telinga. Dan istilah headset adalah gabungan dari headphone dan microphone.

Sejarah awal Headphone/Headset berawal pada tahun 1910 yang dibuat oleh Nathaniel Baldwin. Ia adalah seorang montir listrik dan operator kompresor udara, sebelumnya ia sebagai mahasiswa di Stanford University. Banyak orang yang belum membutuhkan headphone karena seperti layaknya penemu-penemu pada zaman itu akhirnya ia menjual ke United States Navy. Pada tahun 1919 sensitive airphone digunakan umumnya untuk radio. Keadaannya belum sebagus sekarang. Gangguan atau noise masih banyak dan kualitas suaranya pun masih kasar atau mentah. Sebelumnya, Amerika Serikat yang mengetahui teknologi penemuan Baldwin itu langsung menggunakan penemuannya, memproduksi 100 buah headset ketika Perang Dunia ke-1 untuk komunikasi dengan pilot. Sehingga pada masa itu produksi headset ditujukan untuk penerbangan.

Masyarakat semakin sadar atas teknologi ini, pada tahun 1961 pilot-pilot memakai headset karena ringan dan nyaman. Headset pertama kali digunakan untuk pesawat telepon pada tahun 1970. Di tahun 1986, terdapat teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan headset untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan. Ketika itu, juga terkenal produksi ear canal earphones dengan active noise control untuk pertama kali. Setelah itu, hanya alat sensitive earphone tersebut satu-satunya cara untuk mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan.

Pada awal 2000, bersamaan dengan berkembangnya telepon selular, headset jenis nirkabel berbasis teknologi Bluetooth mulai populer dipakai. Selain itu earphone dan headphone pada tahun yang sama, menjadi digemari untuk alat musik pribadi. Dahulu ketika menggunakan radio, headset atau earphone dan headphone harus disambungkan ke terminal baterai yang bertegangan volt tinggi dan terminal baterai di tanah. Penggunaan koneksi listriknya pun tidak nyaman bagi pengguna karena menggagetkan.

 

Earphone dan Headphone umumnya tidak mahal dan didukung sebagai alat yang praktis dibawa-bawa dan menyenangkan banyak orang, tetapi earphone tidak dilengkapi dengan isolasi karena tidak dapat mengirimkan tingkat dinamika yang sama sehingga earphone lebih sering digunakan di volume suara yang tinggi. Hal ini dapat pula meningkatkan risiko tinggi akan bahaya fungsi pendengaran.

Kegunaan dari alat ini pada zaman sekarang lebih banyak untuk hiburan seperti CD, DVD player, home theater, video games, computer, dll. Juga digunakan di portable device seperti digital audio player/ mp3 player, handphone, dll. Selain itu, earphone dan headphone juga digunakan untuk di stasiun-stasiun TV sebagai alat pengantar pesan dari direktur acara/ atasan ke presenter/ kru TV lainnya/ bawahan. Sehingga komunikasi tercapai tanpa didengar pihak-pihak lain. Bisa juga di studio rekaman dengan ruang kedap suara agar tidak ada noise lain yang terdengar.

Di studio profesional, headphone digunakan untuk situasi live oleh DJ atau yang disebut juga Disc Jockey. Para Disc Jockey memakai headphone untuk disambungkan ke DJ mixer dan sound engineer untuk memonitor sumber sinyal. Di studio radio para DJ memakai sepasang headphone saat mereka berbicara ke microphone dan ketika speaker dalam keadaan mati, yang ditujukan untuk mengeliminasi acoustic feedback dan memonitor suara mereka sendiri. Di studio rekording musisi dan penyanyi memakai headphone untuk mendengarkan alunan lagu track yang telah direkam oleh pemain instrumen. Dan di militer headphone digunakan juga untuk memonitor berbagai sinyal yang disekitarnya.

Ukuran standar konektor berukuran sekitar 6.35 mm dan 3.5 mm untuk TRS connectors dan soket. Konektor 6.35mm lebih besar cenderung dapat ditemukan di peralatan elektronik rumah tangga atau peralatan profesional yang permanen. Sony memperkenalkan konektor yang lebih kecil, dan sekarang banyak digunakan dengan ukuran 3.5mm atau yang disebut juga “minijack” konektor stereo pada tahun 1979 yang mengadaptasi konektor mono versi lama 3.5mm untuk digunakan dengan stereo portabel pemutar kaset Walkman-nya. Konektor 3.5mm menjadi konektor yang umum untuk aplikasi portabel saat ini. Adapter tersedia untuk mengkonversi antara perangkat 6.35mm dan 3.5mm. Perbedaan kebutuhan setiap pendengar menentukan pemilihan mereka terhadap tipe headphone. Kebutuhan akan fleksibilitas atau kemudahan untuk membawa headphone mengindikasikan ukuran yang lebih kecil, lebih ringan, tetapi akan berpengaruh dengan akurasi suara yang didengar. Headphone yang menjadi bagian dari sistem pengeras suara atau produksi suara berteknologi high fidelity di rumah pun tidak memiliki desain yang sama dan mungkin untuk berukuran lebih besar dan lebih berat. Secara umum, headphone dapat dibagi menjadi empat kategori, circumaural (menutup telinga secara keseluruhan), supra-aural, earbud, dan in ear.

CIRCUMAURAL


Circumaural Headphone
Circumaural headphone terkadang juga disebut full size headphone yang memiliki busa telinga melingkar atau elipsoid (elips) yang menutupi telinga. Karena jenis headphone ini menutupi telinga secara keseluruhan, circumaural headphone dapat didesain untuk melingkari kepala secara keseluruhan dengan tujuan mengurangi suara bising dari eksternal atau lingkungan sekitar. Kecenderungannya berukuran besar mengakibatkan tipe headphone ini cukup berat dan terdapat beberapa produk yang memiliki berat lebih dari 500 gram. Desain headband dan penutup telinga yang ergonomis sangat disarankan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat headphone yang berat.
Supra-Aural Headphone
SUPRA-AURAL

Supra-aural headphone memiliki bagian telinga yang menekan telinga dibanding menutupi dan mengelilinginya. Tipe headphone ini secara umum lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan tipe circumaural, tetapi lebih banyak resiko masuknya suara bising dari luar.
OPEN OR CLOSED BACK
Tipe circumaural dan supra-aural dapat dibedakan lebih jauh dengan perbandingan ear cups (penutup telinga):
Open-back headphone memiliki bagian luar penutup telinga yang terbuka, memberikan banyak suara yang keluar dari headphone dan mengakibatkan suara dari sekeliling mudah masuk ke pendengaran. Akan tetapi memberikan kesan alami atau suara seperti pembicara (speaker-like sound) yang dekat dengan pendengar dan berkesan ada jarak antara pendengar dengan sumber suara (soundscape).
Closed-back headphone memiliki bagian luar penutup telinga yang secara keseluruhan benar-benar tertutup. Tergantung pada masing-masing model, tipe ini dapat menahan 8 – 23 db suara bising dari sekeliling, tetapi memberi efek kepada pendengar bahwa sumber suara berasal dari dalam kepala mereka sendiri. Salah satu alasannya adalah karena suara dipantulkan balik oleh telinga.
EAR FITTING
Outter-ear headphones
Di kalangan profesional, earbuds dan earphone sering digolongkan sebagai headphone berukuran kecil yang ditempatkan secara langsung di bagian luar telinga, menghadap tetapi tidak masuk ke dalam telinga, ear canal (bagian yang menghubungkan luar dan tengah telinga, berbentuk tube atau pipa). Model ini juga tidak tersambung dengan bagian yang menutupi kepala.

Outer-ear earphone atau earphone yang bertempat di bagian permukaan telinga memang mudah dibawa dan nyaman dipakai, tetapi banyak orang yang mempertimbangkan model ini dikarenakan mudah jatuh dari telinga. Terdapat banyak model yang juga mulai dari harga murah. Sayangnya, jenis ini memiliki isolasi akustik atau peredam suara bising yang sangat buruk dan mengakibatkan banyak penggunanya mengeraskan volume suara hingga yang tertinggi dan menghasilkan disfungsi pendengaran, seperti pecahnya gendang telinga. Namun, di sisi lain, jenis ini memberikan keleluasaan kepada pendengar untuk tetap waspada dan mengetahui suara yang ada di sekitarnya. Sejak tahun 2000, earphone jenis ini sering digabungkan dengan penjualan alat pemutar musik. Seringkali dijual dengan busa penutup untuk kenyamanan.

In-ear headphones
Jenis ini memiliki perpanjangan bagian ujung yang masuk hingga ke bagian ear canal memberikan isolasi dari suara bising sekeliling.

In-ear headphones, seperti earbuds, sama-sama berukuran kecil dan tanpa penghubung yang menutupi kepala, tetapi masuk ke bagian ear canal. Terkadang earphone ini juga disebut canalphone. Harga dan kualitas sangat beragam mulai dari yang murah hingga sangat mahal. Jenis yang terbaik disebut ­in-ear monitor (IEM) dan digunakan oleh audio engineer (pengatur suara) dan musisi, juga para penikmat musik kelas atas (audiophiles).

Canalphone menawarkan kemudahan seperti earbuds, menutup atau mengisolasi suara dari luar dengan bagian ujung yang masuk hingga ke telinga, dan memiliki kemungkinan jauh lebih besar untuk jatuh dari telinga. Ketika dipakai, canalphone ini berpotensi besar membahayakan keselamatan karena pendengar terisolasi dari suara sekelilingnya (contoh, kendaraan yang mendekat).

– Universal canalphone
Menyediakan satu atau lebih karet silikon, elastomer, atau busa pelindung untuk penempatan yang lebih baik di telinga dan kualitas terbaik isolasi atau peredam suara bising.
– Custom canalphone
Menyediakan desain berbeda untuk masing-masing pengguna. Hal ini dilakukan dengan membuat banyak contoh cetakan ear canal dan produsen membuat karet silikon dan elastomer yang dimodifikasi berdasarkan masing-masing cetakan ear canal yang berbeda, untuk kualitas kenyamanan terbaik dan peredam suara bising yang jauh lebih baik dibanding jenis lainnya.
Jenis ini memiliki harga yang jauh lebih mahal karena memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya, akan tetapi ketika dijual kembali, harga bekasnya akan sangat jatuh karena pengguna berikutnya belum tentu memiliki jenis ear canal yang serupa.

HEADSET
Headset adalah headphone yang dikombinasikan dengan microphone. Headset menyediakan fungsi yang sama dengan handphone dengan pengoperasian handsfree. Selain penggunaannya sebagai alat pendengar musik dan komunikasi seperti telepon, alat ini juga digunakan di sistem interkom stasiun telekomunikasi dan studio televisi, konsol, dan permainan PC (Personal computer).
Headset dibuat dengan beberapa jenis, single-earpiece / mono (satu penutup telinga) atau double-earpiece /mono dan stereo. Microphone yang tersambung adalah microphone ekternal yang menggantung di bagian depan mulut pengguna. Beberapa headset dijual dengan jenis penyambung yang berada di bagian belakang leher atau tidak dengan penyambung yang menutup kepala.

TELEPHONE HEADSET


Telephone Headset

Headset ini tersambung dengan sistem telepon permanen. Jenis ini berfungsi dengan menggantikan fungsi handset (pengeluar suara yang ada di badan telepon). Headset standar untuk telepon disesuaikan dengan standar 4P4C yang dikenal juga dengan nama RJ-9 connector. Headset ini juga tersedia dengan 2.5mm jack socket untuk banyak tipe telepon DECT dan alat lain. Terdapat juga bluetooth headset untuk telepon genggam. Headset ini biasanya digunakan untuk mereka yang menggunakan telepon untuk keperluan kerja dalam frekuensi yang sangat tinggi, seperti pekerja call centre. Alat ini juga digunakan oleh mereka yang enggan memegang telepon karena terlalu sibuk.

Untuk model telepon yang lama atau tua, microphone-nya memiliki hambatan listrik yang berbeda dengan handset aslinya. Hal ini mengakibatkan dibutuhkannya amplifier telepon untuk headset telepon. Banyak tipe amplifier yang menyediakan fasilitas kontrol volume untuk loudspeaker, fungsi meniadakan suara (mute), dan mengganti fungsi dari headset ke handset. Amplifier membutuhkan baterai atau adaptor listrik AC untuk menyala.

Keuntungan
Dengan adanya earphone, orang-orang lebih dapat mendengarkan suara secara bebas. Bisa dengan berapapun tingkat volumenya atau mendengarkan suara apa saja, kapan saja, dan dimana saja. Privacy masing-masing individu pun terjaga. Keuntungan lainnya adalah kedap suara. Suara dari luar tidak masuk mengganggu dan demikian pula sebaliknya. Sound isolating earphone pun sangat berperan di sini selain dari privacy.

Kerugian
Terlalu sering menggunakan atau terlalu memaksa pemakaian akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran atau tuli. Apalagi biasanya earphone digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk ‘melawan’ noise dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/ bising. Ini sangat berisiko tinggi. Ketulian sudah dapat menyerang orang semakin dini. Awal-awalnya telinga yang sering menggunakan earphone tidak terasa apa-apa tetapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa panas dan berdengung hebat.
Itu terjadi akibat kelelahan koklea (rumah siput), yang berperan penting dalam proses pendengaran. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap. Untuk orang dengan pendengaran normal, audiogram terletak antara nol dan 20 desibel. Di atas angka itu, artinya kondisi telinga sudah tidak beres.

Hanya dapat diobati dengan terapi hiperbalik (memberi obat-obatan khusus) agar tingkat ketuliannya berkurang, tapi tak sembuh. Sebab, yang rusak adalah sel rambut pada organ telinga bagian dalam yang berfungsi menangkap rangsangan atau frekuensi suara. Bila bagian ini sudah terganggu dan rusak, tak akan bisa kembali normal. Badan Kesehatan Dunia (WHO), Sound Hearing 2030 juga sudah memprogram untuk mengurangi kasus gangguan pendengaran dan ketulian hingga 50 persen pada 2015, dan 90 persen dalam 15 tahun berikutnya. Masalah utamanya adalah gaya hidup yang salah seperti kebiasaan penggunaan earphone.

Selain itu, jangan menggunakannya saat menyetir atau di jalan raya yang berisik. Ini akan membuat pengguna tidak mendengar suara peringatan orang/ mobil lain, dll yang kemungkinan besar menyebabkan kecelakaan. Self-awareness menurun karena pengalihan konsentrasi kita dari lingkungan sekitar dan jalan ke suara dari earphones. Keseimbangan badan pun bisa kacau karena tekanan udaranya memengaruhi keseimbangan badan ketika kita menggunakan earphone di jalan atau sedang menyetir. Lebih baik kita rajin membersihkan telinga dari ear wax agar tidak infeksi.

Teknologi-teknologi baru seperti SANYO dan perusahaan NS-Elex membuat terobosan dengan membuat sebuah earphone yang juga dapat menjadi sebuah [microphone]. Produk ini diprediksikan akan menjadi hit seiring dengan semakin berkembangnya industri telepon seluler saat ini. Cara kerja Earphone ini adalah dengan mengurangi suara dari luar, dan membiarkan suara dari mulut kita terkirim dengan jernih. Karena produk ini adalah sebuah inovasi, harganyapun masih cukup mahal, yaitu 40.000 yen untuk versi standar dan 60.000 yen.

Selain itu, ada earphone wireless portable pertama yaitu MX W1 yang dikeluarkan oleh sennheiser yang menggunakan teknologi bluetooth. Bluetooth didisain untuk transfer data dalam kecepatan tinggi, bukan untuk mentransfer musik. Bentuk dari MX W1 sangat sederhana, yaitu dua buah earphone kecil yang terpisah. dan juga terdapat sebuah pemancar untuk menghubungkan earphone dengan music player. Earphone ini bisa di charge langsung hingga tiga kali. Namun harganya relatif mahal. Gadget ini seharga 599$ atau sekitar 6 juta. Sekarang terdapat Earphone Transform yang bisa bertransformasi menjadi robot. Disebut juga Transformers Music Label Frenzy & Rumble. Diluncurkan bulan Juli 2007 dan dijual dengan harga $35.
Ditahun yang mendatang akan lebih banyak Headphone berteknologi canggih dengan kelebihan-kelebihan lain.

Sennheiser Wireless Earphone


Transformers Music Label Frenzy & Rumble


Sanyo & NS Elex Earphone

Sumber Referensi:

http://www.berbagaihal.com/2011/05/dari-sejarah-penemuan-sampai-bahaya.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Nathaniel_Baldwin
http://en.wikipedia.org/wiki/Headphones
http://id.wikipedia.org/wiki/Penyuara_kuping

http://labsky2012.blogspot.com/2012/09/tugas-5-perkembangan-headphone_22.html

Kamis, 03 Desember 2020

 

Sejarah dan Perkembangan Motherboard

Pengertian dan Fungsi Motherboard – Hardware atau dalam bahasa Indonesia sering disebut perangkat keras komputer merupakan bagian komputer yang wujudnya dapat terlihat dan disentuh. Hardware juga dapat diartikan sebgai alat yang dapat menerima dan mengolah data. Saat ini, banyak sekal hardware yang bekerja pada komputer, baik hardware utama maupun hardware tambahan. Salah satu perangkat keras yang akan dibahas adalah Motherboard (papan iduk) dan sejarah perkembangan nya .

 

  • Pengertian Motherboard

Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).

computer_motherboard_annotated_600

 

gambar motherboard

 

  • Fungsi Motherboard

Motherboard berfungsi sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Sebagai contoh: processor, Memori(RAM) ,hard disk , optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan menggunakan motherboard.

 

  • Sejarah perkembangan motherboard

Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Sebagai informasi, dulu komponen-komponen komputer seperti seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel. Tampilannya sangat ruwet.

Karena sangat repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisis beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Papan itu dinamai motherboard.

Pada pengembang awal dari motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan.

Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalam motherboard mendorong pencitraan motherboard ke dalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot keybor, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.

Jika Anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.

Saat ini, Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Sayangnya, pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu mini ITX.

Perubahan dalam desain dan teknologi motherboard terus berkembang. Di awal tahun 2000-an, pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.

Ada beberapa perusahaan yang memproduksi motherboar antara lain :

  • Asus

Nama Asus mungkin sudah terdengar sangat familiar di telinga kita, perusahaan Asus dibuat pada tahun 1989, ketika empat insinyur komputer, yaitu Wayne Hsieh, Ted Hsu, MT Liao dan TH Tung berniat mendirikan perusahaan baru untuk memajukan industri TI di Negara Taiwan. ASUS dianggap sebagai produsen terbesar di dunia, ketika datang ke motherboard, dan salah satu merek motherboard terbaik untuk gaming. Asustek, selain dari membuat motherboard, juga membuat banyak konsumen elektronik PC lainnya, yang dijual di seluruh dunia. ASUS telah memiliki hubungan dengan Intel yang dapat ditelusuri kembali ke hari dari rilis dari CPU 486. Oleh karena itu, ASUS menerima sampel sebelum Intel CPU, sebelum produsen lain. ASUS terkenal sebagai salah satu merek motherboard terbaik .

 

mother board asus

 

gambar motherboard asus core 2

  • Gygabyte

GIGABYTE Didirikan pada tahun 1986, bermarkas diTaipei, Taiwan, dikenal sebagai merk terkemuka di dunia industri IT. GIGABYTE memulai dari pengembangan dan penelitian dan sejak saat itu menjadi salah satu pemimpin pasar untuk motherboard dan kartu grafis.. Motherboard Gigabyte selalu mendapatkan apresiasi yang baik dari situs pasokan komputer yang berbeda. Kepuasan pelanggan secara keseluruhan untuk motherboard Gigabyte adalah positif, dan mereka memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang solid. Juga, mereka dianggap top-notch, ketika datang untuk menjaga dengan teknologi baru.

moherboar gygabyte ga-h55n-

gambar motherord gigabyte GA-H55N-USB 3

  • MSI

perusahaan ini didirikan pada tahun 1986, dan telah muncul sebagai salah satu merek motherboard terbaik 2010. Banyak model-model baru dari motherboard MSI adalah produk dirancang dengan baik, yang dapat dibandingkan dengan merek seperti ASUS dan Gigabyte, motherboard MSI Namun biaya kurang. Papan juga telah pengiriman dengan suite yang baik dari perangkat lunak. Merek ini sangat tidak baik tahu, tetapi tampaknya menjadi salah satu yang handal, dan nilai baik untuk uang.

MOTHERBOARD PLATINUM msi

 

gambar motherboard MSI Platinum

  • Intel

Intel Corporation  didirikan 1968 adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat diAmerika Serikat, Intel mungkin sudah tidak asing sebagai pemembuat salah satu prosesor komputer yang terbaik, tetapi banyak orang tidak tahu bahwa mereka juga membuat motherboard kelas dunia. Ketika datang ke motherboard manufaktur, Intel memiliki manfaat yang berbeda, karena memiliki pengetahuan dalam spesifikasi prosesor dan chipset, yang membantu untuk membuat motherboard kinerja yang stabil dan tinggi. Namun, kelemahan motherboard Intel, mereka hanya kompatibel dengan prosesor Intel.

intel_dx58so_smackover

gambar motherrboard Intel DX58SO Motherboard

Sumber:

    Software Requirements Specification for Aplikasi Sistem Informasi    Akademik Mahasiswa Berbasis Web   Version 1.0 appro...